18 Juni 2020 | Dilihat: 374 Kali
GAS LPG 3KG DIKELUHKAN, BUPATI BERAU PANGGIL SEMUA PANGKALAN.
noeh21



Berau kaltim, infoaktual.id --  Pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Berau menilai adanya kekeliruan dalam distribusi gas  3 Kg, dari kacamata Bupati Berau, kekeliruan itu adalah adanya penjualan yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) dan tak sedikit yang salah sasaran.

Menyikapi hal itu,  Pemda kab Berau memanggil sejumlah penyalur tabung gas untuk mencari tahu penyebab seringnya penyaluran yang tidak merata bagi masyarakat kurang mampu, demikian diungiap bupati berau, H, Muharram Spd, MM, diruang rapat 16/06/2020.

Lebih jauh di katakan bupati,  jumlah tabung LPG 3 Kg sebanyak 180 ribu yang diterima Berau setiap bulannya juga banyak dinikmati orang mampu. Sehingga berencana akan melakukan subsidi tertutup.

“Jika kita lihat kuota LPG yang masuk di Berau sekitar 180 ribu tabung perbulan, jika itu kita bagi tiga tabung setiap warga miskin maka ada 60 ribu warga miskin di Berau, dan itu tidak sampsi segitu kan warga miskin di Berau,” jelasnya.

Dikatakan Muharram, subsidi tertutup adalah pelanggan yang berhak menikmati LPG 3 Kg dan diberikan kartu sehingga dengan kartu itu mereka dapat menikmati tabung 3 Kg yang disubsidi pemerintah, dan yang tak punya kartu tidak diberi tabung bersubsidi.

“Kita harapkan LPG ini bisa tepat sasaran, karena tujuan pemerintah dengan adanya subsidi ini agar masyarakat miskin dapat terjangkau. Namun apa yang terjadi selama ini warga miskin membeli dengan harga yang mahal, bisa mencapai Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu " tegasnya.

Dikatakan, hal ini terjadi karena penyalur ke sub penyalur mengecer lagi dengan harga yang lebih tinggi, sehingga kita panggil panyalur hari ini karena itu banyak disalah gunakan.

Muharram mencontohkan,  di Tanjung Redeb harga eceran Rp 26 ribu, namun hingga sampai di masyarakat harganya bisa sampai Rp 30 ribu hingga 35 ribu.

“Itu keluhan masyarakat, sehingga kita berharap kedepan subsidi ini bisa tepat sasaran" ungkap bupati (Oli)

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963