06 November 2020 | Dilihat: 345 Kali
Pemkab Donggala Gelar Apel Konsolidasi Antisipasi Bencana
noeh21

Donggala, Infoaktualnews.id | Pemda Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah melaksanakan apel konsolidasi antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Donggala, ju'mat (06/11)

Bupati Donggala, Kasman Lassa bertindak sebagai Pembina Apel pada kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari surat/ radio gram Kapolda Sulawesi Tengah Nomor STR/205/XI/OPS.2/2020 tanggal 4 November Tahun 2020 tentang pelaksaan konsolidasi kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

“Pemerintah wajib melaksanakan kesiapsiagaan menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja. Kesiapsiagaan bencana merupakan tanggung jawab Pemerintah yang dilaksanakan bersama-sama dengan pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat,“ tutur Bupati

Berdasarkan laporan Kepala BMKG dalam rapat terbatas mengenai antisipasi bencana Hidrometereorologi beberapa waktu lalu menyebutkan, fenomena La Nina yang terjadi di Pasifik diprediksi menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi jumlah curah hujan bulanan di Indonesia sebesar 20 s/d 40 persen diatas normal.

Dalam kesempatan itu dia menghimbau masyarakat senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh kondisi cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang dan angin kencang.

“Apel yang kita laksanakan ini merupakan suatu momentum untuk membangun sinergi, kekompakan dan kerjasama diantara Pemerintah daerah dengan para pemangku kepentingan yang ada, dalam upaya mengantisipasi kejadian bencana alam di wilayah hukum Pemkab Donggala," ujar Kasman Lassa.

Bupati Donggala itu berharap lepas gelar apel siaga dapat  ditindaklanjuti dengan sejumlah langkah strategis, diantaranya membentuk posko kesiapsiagaan dari Kabupaten sampai Kecamatan dan melakukan pemantauan secara cermat..

Demikian halnya menyiapkan sarana dan prasarana pada setiap titik di wilayah yang tingkat ancaman dan resiko bencananya tinggi sertq menyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat melalui berbagai saluran informasi seperti di tempat ibadah, kantor Camat dan Desa.

Diakhir sambutannya Bupati Kasman Lassa menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada Forkopimda serta semua pemangku kepentingan yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada Pemda Donggala dalam mengantisipasi dampak bencana, baik yang disebabkan oleh alam maupun non alam. (Humas/edit)

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963