03 November 2020 | Dilihat: 463 Kali
Warga Binaan Lapas Buol Bakal Terima Bantuan Home Industri
noeh21


Buol, Infoaktualnews.id | Belum adanya pertumbuhan home industri di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah selama ini khususnya industri kerajinan tangan, mengundang perhatian serius tokoh masyarakat setempat.

Akibatnya,terasa sulit untuk mendapatkan cendra mata khas daerah jika ada tamu daerah, kerabat maupun wisatawan yang berkunjung di Daerah itu.

Disisi lain,begitu melimpahnya bahan baku tetapi justru yang giat dan terus berkarya di sektor home industri kerajinan yakni warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Leok, Kecamatan Biau. 

Hingga saat ini hasil karya warga binaan  Lapas selalu dibawa Dinas Koperasi dan Perindustrian jika ada Ekxpo/Pameran 
di luar daerah. 

Memperhatikan karya warga binaan Lapas yang selama ini tidak tersentuh bantuan daerah,Ketua DPRD Kabupaten Buol,Srikandi Batalipu S.Sos, M.Si mengatakan, pihaknya akan memberi dukungan modal home industri.

Saat ditemui Media ini di kediamanya, senin(2 /11), Srikandi Batalipu menjelaskan di Tahun Anggaran 2021 nanti akan mensuport keterampilan warga  binaan dengan karya-karya trampil melalui APBD dan dititipkan lewat Dinas Koperasi dan Perindustrian sebagai OPD yang bersentuhan langsung. 

"Saya memperhatikan, tidak ada satu home industri sentra kerajinan yang bisa diharapkan menjadi Icon daerah ini dan bisa dikenal sekaligus menjadi produksi unggulan," ujarnya.

Menyinggung berapa anggaran yang akan diprogramkan mensuport kerajinan di Lapas Leok, Srikandi menambahkan soal tehnis akan diserahkan ke Dinas tehnis. Pihaknya semata memberi ruang atas kewenangam budgeting.

"Dan warga trampil di Lapas perlu didukung dengan pembiayaan. Untuk pengembangan keterampilan mereka, tentunya menjadi sumber pendapatan tetap mereka selama dibina di Lapas," ujarnya. (Ary)

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963