27 September 2020 | Dilihat: 286 Kali
Peringati HUT Ke 75, PMI Sulteng Gelar Donor Sukarela
noeh21


Palu,infoaktualnews.id |Peringati hari ulang tahun (HUT) nya Ke-75, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar donor darah sukarela, di halaman markas PMI Sulteng,  Sabtu (26/09/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema “Solidaritas untuk Kemanusiaan” ini, dibuka Gubernur Sulteng, diwakili Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris provinsi (Sekprov), H. Mulyono, SE. Ak, MM.

Dalam sambutannya, sekprov  mengatakan sangat berterima kasih kepada PMI Sulteng yang telah menginisiasi kegiatan Donor Darah Sukarela ini.
Karena, menurutnya dimasa Pandemi seperti sekarang ini persediaan darah terus menurun , sehingga kegiatan seperti ini sangat membantu ketersediaan darah.

“Dengan kurangnya stok darah di PMI, kita melihat digrub-grub whatsapp kini banyak yang menyebarkan informasi mengenai permintaan kebutuhan darah, dan ini atas inisiatif mereka sendiri (keluarga pasien) dalam mencari pendonor.” ujar Mulyono.

Lebih lanjut Mulyono mengatakan, mungkin keterbatan stok darah sekarang disebabkan orang yang dulunya rutin melakukan donor, kini takut karena khawatir akan tertular virus Covid-19 pada saat donor.

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak perlu ragu dan cemas mendonorkan darahnya di PMI, karena dalam melaksanakan donor darah, PMI senantia lakukan sesuai  protocol covid-19.

“luar biasa kegiatan hari ini, PMI bisa mendapatkan stok darah yang nantinya didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Sesuai moto PMI, setetes darah anda nyawa bagi mereka. semoga bapak dan ibu yang melakukan donor darah hari ini mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah, baik dunia maupun di akhirat, Amin.” Tegas Mulyono.

Sementara itu, dr.Jumriani selaku wakil ketua bidang kesehatan PMI Sulteng mengatakan, saat ini unit donor darah (UDD) PMI Sulteng setiap bulannya hanya mampu menyediakan darah sebanyak 1000 kantong,  sementara kebutuhannya mencapai 1500 kantong.

 Sehingga menurutnya, PMI terus berupaya memenuhi persediaan darah dengan cara melakukan kegiatan sosial donor, dengan menggunakan mobil keliling (mobile) guna mencukupi kersediaan tersebut.

“Muda-mudahan kegiatan ini mendapatkan berkah, dan menghasilkan sesuai apa yang kita inginkan bisa terpenuhi. Pada masa pandemi seperti sekarang,  kami juga telah melakukan prosedur sesuai protocol covid-19.” Tegas jumriani yang juga selaku PLT kepala Dinas kesehatan sulteng.

Kegiatan donor tersebut juga dilakukan penandatanganan MOU kerjasama antara UDD PMI Sulteng dengan Komunitas sepeda Bro Mangge dalam hal donor darah.

Pada kegiatan Donor Darah ini, PMI juga memberikan paket sembako, seperti minyak, susu, kopi, gula, teh yang diberikan kepada 75 orang pertama yang berhasil melakukan donor darah.

Pada donor kali ini PMI berhasil mengumpulkan sebanyak 74 Kantong,  terdiri dari golongan darah A 18 Kantong, B 14 kantong, AB 5 kantong , serta golongan darah O sebanyak 37 kantong. Sedangkan yang tidak lolos donor sebanyak 31 orang lantaran darahnya rendah serta kurangnya Homoglobin (HB). (emil/din)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963