28 Januari 2021 | Dilihat: 244 Kali
PMI Meedukasi Anak Dipengungsian Gempa Sulbar
noeh21


Mamuju, infoaktualnews.id |Palang merah indonesia (PMI) memberikan edukasi kepada 25 orang anak dipengungsian sementara di halaman kantor bupati Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (sulbar), berupa promosi kebersihan yakni cara mencuci tangan yang baik dan benar serta cara mitigasi bencana sewaktu-waktu menghadapi gempa, Rabu, (27/1/2021).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama tiga layanan di PMI, yakni layanan psychosocial support program (PSP), layanan kesehatan (Yankes), serta layanan Whater and sanitation (Wash).     



Koordinator layanan PSP PMI sulbar, Rahman mengatakan sebelum melakukan kegiatan pihaknya membagikan masker kepada semua anak yang hadir, disamping menyiapkan 1 unit mobil tangki air bersih yang di heandel langsung tim Wash PMI untuk digunakan praktek cara mencuci tangan.

"Kita memberikan edukasi ke anak-anak dengan metode belajar sambil bermain. Kita mengajak mereka bernyanyi yang liriknya berisi cara melindungi diri ketika gempa, dan 7 langkah cara cuci tangan yang baik dan benar,”jelas Rahman.

Dikatakan Rahman, dengan begitu anak-anak jadi sangat antusias mengikuti kegiatan, dan metode ini cukup efektif dalam mentransfer ilmu.

Sementara itu, salah seorang anak, Fadil (11) mengaku sangat senang dan terhibur dengan kehadiran PMI, karena menurutnya ia bisa tahu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Dirinya juga jadi lebih tau apa saja yang dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi gempa.

Yang pasti, pasca gempa bumi berkekuatan 6,2 magnetudo yang melanda kabupaten mamuju dan Majene, PMI telah memberikan pelayanan kesehatan, distribusi air bersih danlogistik, layanan psykososial, layanan pemulihan hubungan keluarga, serta evakuasi  korban yang berlangsung sejak hari pertama gempa. (Emil Estiawan)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : BCA 7920973498