13 September 2020 | Dilihat: 477 Kali
Warga Pertanyakan Proyek  Pagar Lapangan
noeh21


Buol,infoaktualnews.id | Masyarakat Desa Kantanan Kecamatan Bokat, Kabupaten Buol Sulawesi Tengah (Sulteng) kini pertanyakan pembangunan pagar keliling lapangan Desa yang hingga sekarang belum juga selesai.

Berdasarkan informasi,  pekerjaan itu sudah dimulai sejak tahun 2019 lalu menggunakan Dana Desa senilai Rp 202.000.160
"Mengapa tidak selesai pembangunan  pagar lapangan itu, sementara anggaranya sejak 2019 dan tersedia. Apa memang  begitu Pak," ungkap seorang  warga setempat, senin(8/9). Dan setelah di investigasi Media ini, benar pekerjaan itu memang belum selesai.

Kepala Desa Kantanan, Idrus A.Ambo Molong  yang dikonfirmasi di kediamanya, minggu (6/9) tidak berada di tempat. Dikonfirmasi kembalu via telpon, panggilan tersambung berkali-kali namun tidak diangkat Kades Idrus.

Sumber resmi yang terlibat langsung di Pemerintahan Desa Kantana mengatakan, dirinya siap menjadi saksi  jika dibutuhkan memperkuat informasi tentang pekerjaa pagar lapangan, pembuatan empang dan beberapa program lain dengan nilai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, camat Bokat Moh.Kappi SP yang dikonfirmasi Media ini via telphon, selasa(8/9) mengatakan dia sudah mendengar masalah yang terjadi.
"Saya sudah dengar itu pak dan upaya saya mengundang semua Kepala desa untuk memberikan penguatan agar berhati-hati mengunakan Dana Desa serta merencanakan dengan tepat, mengerjakan program supaya sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Masih ungkap Camat Bokat, menyangkut Desa Kantanan hingga saat ini pihaknya belum menerina laporan resmi.
"Namun Desa Kantanan sementara ini dilakukan pemeriksaan khusus oleh Inspektorat Kabupaten Buol," ujarnya.

Informasi terakhir menyebutkan, temuan pekerjaan pagar lapangan yang tidak selesai, anggarannya akan dikembalikan ke kas Desa, demikian halnya pekerjaan empang tahun 2019.

Namun sumber itu menyebutkan, belum jelas kapan dana itu dikembalikan, dan dalam Perubahan APBDes tahun 2020 ada lagi penambahan Rp.100 juta untuk pekerjaan empang.(ary)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963