29 Juni 2022 | Dilihat: 215 Kali
Antisipasi Kelangkaan Pupuk Bersubsidi Di Tolitoli : DINAS NYA RUSTAN REWA GELAR PELATIHAN MEMBUAT PUPUK ORGANIK
noeh21

Kadis tanaman pangan dan hortikultura Tolitoli, Rustan Rewa, SP.MP

infoaktual.id Tolitoli | Bertempat di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Desa Dungingis, kecamatannya ex kabag Humas Pemda, Arham Yacub,SH, Dakopean, Tolitoli,Sulteng digelar pelatihan tematik, pembuatan pupuk organik (Bokasi/Kompos), selasa 28//2022.  
 
Pelatihan di Desa yang dikepalai Darwin SP itu dilaksanakan Dinas nya Rustan Rewa, Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Tolitoli. Mewakili kepala Dinas Rustan Rewa,SP.MP tadi, pelatihan ini dibuka koordinator penyuluh kabupaten, Ir.Moh.Rum.

Dalam sambutanya, Moh.Rum yang didampingi sejumlah staf mengatakan pelatihan tematik dilakukan guna mengantisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi, karna tidak menutup kemungkinan pupuk bersubsidi akan mengalami kelangkaan.
 


“Sehingga, kami berharap bagi peserta pelatihan yang hadir pada hari ini bisa menyimak dan mampu mengimplementasikan hasil pelatihan, dan mempraktekkan hasil dari pelatihan ini,” tuturnya.

Ditambahkan Ir.Moh.Rum, pelatihan ini akan dilaksanakan disepuluh kecamatan, sehingga petani yang ada di kabupaten tolitoli bisa mandiri mengolah dan membuat pupuk organik ketika kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.  

Salah seorang narasumber kali ini adalah Harwan Jamali,SP. Dalam materinya mengatakan salah satu solusi dalam memecahkan petani di lapangan, dan komoditas apa saja yang kita usahakan atau lakasanakan pasti membutuhkan yang namanya pupuk,

“Karena itu untuk antisipasi kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut ujarnya, maka pemerintah kabupaten tolitoli melakukan program pembuatan pupuk organic atau Bokasi, Kompos,” papar Harwan.

Sementara itu, kegiatan yang dihadiri juga Babinsa Desa Galumpang Sertu Djalil, kepala BPP Darwin,SP menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta  agar dapat mengambil hikmat dari pelatihan ini.

Sehingga kata Darwin, bisa berguna untuk semua petani yang ada di Desa dungingis, umumnya  di Kecamatan Dako pemean.

“Kegiatan ini akan terus dilakukan, karena sudah terprogram sebanyak dua kali dalam setahun,” harap Darwin.

Yang pasti, dalam bincang–bincang dengan awak media ini, sejumlah peserta mengungkapkan pelatihan tersebut sangat bermanfaat. (amri/athia)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : BCA 7920973498