29 April 2021 | Dilihat: 550 Kali
Arahan Presiden Jokowi Soal Pertumbuhan Ekonomi : WALI KOTA PALU, H.HADIANTO IKUT DIUNDANG DALAM RAPAT KOORDINASI NASIONAL ITU
noeh21


Infoaktual.id | Palu | Wali kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE ikut pengarahan Presiden RI, Jokowi pada rapat koordiansi Kepala Daerah seluruh Indonesia, Rabu (28/4/2021), 13.30 WIB.

Dalam hajatan tersebut, Wali kota Hadi menjadi salah satu Wali Kota dari 10 Wali Kota yang diundang  Presiden Jokowi secara virtual di kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jakarta.
 


Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengharapkan perlunya kewaspadaan setiap Bupati dan Wali Kota  dalam mengatasi Covid-19, apalagi saat ini menjelang libur panjang Idul Fitri 1442 Hijriyah.

"Sekecil apapun kasus aktif yang ada di provinsi maupun kabupaten dan kota yang bapak dan ibu pimpin, jangan sampai kehilangan kewaspadaan. Ikuti kurva-kurvanya. Begitu naik sedikit, segera ditekankan kembali agar terus menurun," ujar Presiden.

Presiden mengambil contoh di India, dimana pada bulan November hingga Januari berhasil melandaikan kurvanya, hingga berhasil menurunkan 10.000 kasus per hari, karena kuncinya adalah mikro lockdown.

"Namun kita ketahui bersama, terjadi lonjakan yang besar di India menjadi 350 ribu kasus aktif perhari," ungkapnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bulan Maret dan April ini ekonomi kelihatan sudah hampir menuju pada kondisi normal, sehingga target pertumbuhan ekonomi nasional 2021, yakni 4,5 sampai 5,5 persen bisa tercapai.

"Ini tergantung pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua tahun 2021. Artinya, April Mei, dan Juni nanti sangat-sangat menentukan,” ujarnya.

Target kita kurang lebih 7 persen, tambah Presiden harus tercapai. Kalau itu bisa tercapai, maka pada kuartal berikutnya lebih memudahkan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengimbau seluruh kepala daerah untuk segera lakukan belanja APBD, baik aparatur maupun belanja modal.
Karena, tekan Presiden yang namanya perputaran uang di sebuah daerah itu sangat menentukan pertumbuhan ekonomi.

"Belanja APBD disegerakan, karena angka-angka yang saya lihat, yang tinggi itu baru belanja pegawai, itupun baru di angka 63 persen. Sementara belanja modal per Maret, baru 5,3 persen," imbuhnya. (humas pemda kota palu/mron – emil)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963