28 Januari 2022 | Dilihat: 219 Kali
BERKAT GOTONG ROYONG INFORMASI, BUPATI AMRAN DAPAT INVESTOR ENERGI KOREA SELATAN
noeh21


Infoaktual.id Tolitoli | Demikian besar potensi sumber daya alam (SDA) dimiliki Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng), dan berkat gotong royong informasi sehingga menarik minat investor asal Korea Selatan. Salah satu SDA yang diminati itu ialah  potensi sumber energy.  

Potensi itu adalah kelapa, berikut ikutannya tempurung, sabut dan pelepah untuk diolah menjadi pembangkit listrik tenaga biomassa.

Demikian dituturkan Direktur PT. Sula Bio Power Soon Jong Ahn, investor Korea Selatan saat menghadap Bupati Amran Hi Yahya di ruang kerjanya, kamis siang (27/1).

Melalui juru bicaranya Soon Jong Ahn menjelaskan bahwa selain pembangkit listrik, pihaknya juga mau membangun pabrik kertas, es dan pengolahan kelapa guna memudahkan petani kelapa di Kabupaten yang dikenal daerah penghasil Cengkeh ini.

Dalam project overview yang dipaparka, akan ada tersedia listrik 30 megawatt biomass power plant pada case pertama. Sedangkan pada case dua, insya Allah tersedia lagi 20 megawatt.

Dikatakan, bila proyek ini telah beroperasi, dan diperkirakan akan mampu menampung kurang lebih 900 orang tenaga kerja baru.

Terkait dengan hal itu, Bupati Amran sekaligus mantan anggota DPRD Tolitoli ini mengapresiasi keinginan baik investor tersebut, namun sepanjang dapat dilakukan melalui mekanisme yang benar serta tidak melanggar aturan yang ada, pula seiring dengan Rencana Tata Ruang Kabupaten Tolitoli yang telah ada.

Saat menerima investor Soon Jong Ahn, Bupati Tolitoli didampingi Wakil Bupati Moh. Besar Bantilan, Assiten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Anhar Dg Mallawa, SE.

Tampakjuga sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Ir. Zakaria serta Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Hasdono, S.STP.M.AP.

Yang pasti, inilah bagian wujud jargon gotong royong Bupati Amran, gotong royong informasi  hingga mengantarkan Soon Jong Ahn berinvestor di sini. (sarini/Irfan/tia)

 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : BCA 7920973498