05 Agustus 2020 | Dilihat: 394 Kali
Sekprov Hidayat Dorong Bawang Putih Menuju Komoditas Unggulan Sigi
noeh21
Sekprov Hidayat


Palu, infoaktualnews.id | Pemprov Sulawesi Tengah (Sulteng),  melalui Sekprovnya dorong kelompok tani, khususnya  di Desa Dombu Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi untuk jadikan bawang putih sebagai komoditas unggulan baru, sehingga daerah ini dapat menjadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia, setelah  Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Hampir 90 persen bawang putih di indonesia di import, karenanya saya berharap dengan panen  perdana ini, bawang putih di Dompu ini bisa dikembangkan menjadi komoditi unggulan, dengan ditambah dibeberapa wilayah di Sigi, sehingga kita tidak kesulitan lagi stok bawang putih,” kata Sekprov, Dr HM Hidayat Lamakarate, MSi saat menghadiri panen perdana Bawang Putin di Desa Dompu, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi Sulteng (4/8/2020).

Dikatakan Hidayat, selain bisa menekan impor, bawang putih ini juga nantinya bisa menjadi komoditas unggulan baru, sehingga daerah kita insa Allah jadi salah satu sentra produksi bawang putih di Indonesia. “ Karena,  jika dilihat hasil panen tadi, bawang putih disini cukup berkualitas dan sangat bisa dikembangkan, “ Ujar Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulteng itu.

Ditambahkan pria yang dikenal sebagai Matahari Khatulistiwa itu, pihaknya serius  mendorong budidaya bawang putih di sana agar nantinya para kelompok tani setempat nantinya sudah bisa mandiri dalam mengelola pertaniannya, walau tanpa pendapingan penyuluh dan bantuan stimulus dari pemerintah.

 Seperti diketahui, saat ini memang kelompok tani di sana masih diberikan stimulus,  berupa bibit dan pupuk. Karenanya, kedepannya diharapkan saudara-saudara petani  kita itu sudah dapat mandiri dalam mengembangkan pertanian bawang putih, dengan tentu  diharapkan pemerintah Sigi  untuk segera menetapkan kawasan ini sebagai kawasan pengembangan bawang Putih.

Ternyata bukan cuma itu, menurut  bakal calon Gubernur  Sulteng  itu bahwa wilayah Marawola Barat itu juga memiliki potensi wisata alam yang sangat prospektif, seperti lokasi paralayang bernama Matantimali yang sudah dikenal oleh sejumlah negara.

Saat mendampingi Sekprov  Hidayat, kepala dinas tanaman pangan dan holtikultura Sigi, Mulyadi Hoase mengatakan bantuan proyek pengembangan bawang putih ini merupakan bentuk  sinergisitas  dinas yang dipimpinnya dengan pihak Kabupaten Sigi, dengan total program pengembangan bawang putih seluas 100 Hektar  dalam bentuk benih, meliputi Kecamatan Marawola barat, Desa Lewara, Dombu dan Soi.

Usai melakukan Panen perdana,  dengan didampingi Kadis TPH Kabupaten Sigi, lelaki yang akrab disapa kakak Hidayat itu, bersama  rombongan selanjutnya meninjau lokasi pengembangan produksi  kopi Dombu. (Biro Humas Pemprov Sulteng/din)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963