19 Juni 2024 | Dilihat: 210 Kali
KEMBALI IKUT PILKADA, CALEG JADI MUCHTAR DELUMA UNDUR DIRI
noeh21



Infoaktual.id Tolitoli | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah tetapkan dua kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai anggota DPRD terpilih untuk masa bakti 2024-2029, baru-baru ini.

Akan tetapi, caleg jadi sekaligus Ketua PKB Tolitoli, Haji Muchtar Deluma menyatakan diri tidak dilantik menjadi anggota DPRD kabupaten Tolitoli. Kursi yang diperolehnya ia serahkan kepada Caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua darinya – begitu dikabarkan metrosulteng, Sabtu 15 Juni 2024.

Terkait hal tersebut tulis metrosulteng, dengan didampingi sejumlah petinggi PKB, mantan calon Bupati Tolitoli 2020 itu  mendatangi sekertariat KPU, usai Jumat 14 Juni 2024.  Siang itu Muchtar membawa sebuah map warah hijau berisi surat pernyataan untuk tidak dilantik sebagai anggota DPRD.

Kedatangan Muchtar disambut langsung komisioner KPU Divisi Hukum, Marzuki. Kepada Marzuki, secara rinci Muchtar Deluma menyampaikan maksud kedatangannya.

"Kedatangan saya di KPU menyampaikan agar tak dilantik menjadi anggota DPRD, saya minta agar yang dilantik nanti adalah orang di bawah saya yang mendapat suara terbanyak kedua setelah saya, “ ujar Caleg dapil I Baolan itu seraya menyerahkan map merah tadi.

Hal ini berbeda dengan istilah proses pergantian antar waktu (PAW) seperti terjadi pada anggota DPRD lainnya, tapi ini sebaliknya, dilakukan pada sebelum terjadi pelantikan.

Dikatakan Muchtar, saya sengaja mengantarkan surat ini8 ke KPU supaya kedepannya saya lebih fokus mempersiapkan diri mengikuti pencalonan pemilihan Bupati.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Hukum Marzuki mengaku tidak mempermasalahkan maksud dan keinginan Muchtar Deluma itu.

Terimakasih atas kedatangan pak Muchtar Deluma bersama pengurus partai PKB ucap Marzuki,  dan menyampaikan surat pernyataan untuk tidak dilantik menjadi anggota DPRD kami terima.

Meskipun begitu tambah Marzuki, pihaknya belum langsung membalas dan menyetujui keinginan Muchtar Deluma, lantaran masih akan dilaporkan ke KPU pusat. Ia juga akan melakukan rapat bersama komisioner KPU lainnya.

"Saat ini pak Ketua KPU dan komisioner lainnya sedang tidak berada di Tolitoli. Jadi, saya tak bisa mengambil kesimpulan sendiri,” terang Marzuki, sambil menambahkan surat itu akan disampaikan kepada Ketua KPU. (s.arya/hl)


 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963