18 Juni 2024 | Dilihat: 284 Kali
PENUH GUYUB, WARGA SRI MULYANI GELAR QURBAN DI MASJID NUR SALAM REKSONITEN SURAKARTA
noeh21


Oleh : Athia

Infoaktual.id Surakarta | Senin 17 Juni 2024, seluruh umat muslim merayakan kedatangan hari penuh Berkah, yang lebih pamiliar disebut Idul Adha, sebagiannya lagi menyebutnya sebagai hari raya Haji.

Momen sakral yang disambut penuh suka cita seluruh umat muslim ini, adalah sebagai penghormatan atas sebuah kesetiaan, pun kepatuhan Nabi Ibrahim atas perintah ALLAH Swt, dengan mengorbankan putra terkasihnya, Ismail.

 


Tradisi berkurban disetiap peringatan Idul Adha ini, mengingatkan kita akan nilai ketaqwaan, pengorbanan, juga tentang sebuah pengabdian pada sang pencipta semesta alam ini.

Disisi lain, Idul Adha mengajarkan juga tentang solidaritas sosial, rasa kepedulian terhadap sesama, sekaligus mengingatkan rasa syukur atas anugrah yang telah diberikan pada kita dengan keikhlasan berbagi pada saudara yang kurang beruntung, dan lebih membutuhkan.
 

Idul Adha ditahun ini menjadi peristiwa spesial buatku, karena untuk pertama kalinya aku melewatinya lagi di kota kelahiran ku, kota Solo yang aku tinggalkan hampir dua puluh lima tahun lamanya.

Prosesi qurban kali ini dilaksanakan di Mesjid Nur Salam yang berlokasi di Reksoniten, tidak jauh dari pusat kebudayaan Jawa, Kraton Kasunanan Surakarta Solo.
 

Kenapa aku harus di mesjid ini, bukankah masih ada mesjid Agung,  mesjid yang tentu lebih melegenda di kota Bengawan ini ? Sebuah keputusan tentu ada alasan yang melatarinya.

Yakni, karena mesjid ini berada dilingkungan rumah tinggal seorang sahabat lamaku semasa sekolah dulu yang ketika aku datang lagi di Solo ini.
 

Dialah satu satunya teman lamaku yang masih miliki perhatian, kepedulian, dan kasih sayang layaknya sebuah keluarga, hingga aku lebih suka menyebutnya sebagai besty ku di Solo ini.

Aku selalu diajaknya ikuti pengajian rutin yang diadakan di mesjid ini, dua kali dalam satu minggunya.
 


Aku melihat betapa kebersamaan, kekompakan serta saling peduli antar warga sebegitu nyata nampak pada warga di lingkungan tempat ibadah umat muslim ini.

Keberadaan lokasinya yang berada ditengah tengah pemukiman warga, jadikan mesjid ini sentral tempat bertemu dan berkumpulnya seluruh warga, utamanya ketika lakukan kegiatan Ibadah.
 

Mereka guyub (rukun), miliki kerukunan begitu tinggi, saling peduli satu dengan lainnya menjadikan nuansa lingkungan mesjid ini terasakan 'adem',  tentram, sangat menyejukkan.

Persiapan sampai dengan detik penyembelihan empat ekor sapi beserta tujuh ekor kambing pada moment Idul Adha yang aku saksikan dimesjid ini.
 

Gambarkan sebuah kekompakan, serta kebersamaan yang begitu indah dari warga begitu tampak diseputaran mesjid Nur Salam Reksoniten ini.

Ibu Sri Mulyani, istri dari bapak Hari Warsono, sang ketua RT 001/008 kelurahan Gajahan kecamatan Pasar Kliwon tempat keberadaan mesjid ini, tampak gesit menahkodai terselenggaranya moment sakral diperingatan Idul Adha di mesjid ini. Pun terpenuhkannya konsumsi warga yang terlibat dalam kesibukan peringati acara sakral ini.
 

Tepat pukul 14.00 wib, pekerjaan menyembelih dilaksanakan. Menguliti, serta memotong daging, plus mengemasnya di kantong kantong plastik, lalu dibagikan ke seluruh warga dan orang yang membutuhkan, selesai sudah.

Sebagian warga lelaki tampak menyiram halaman masjid, dan membersihkannya dari percikan darah hewan sembelihan. Menyapunya, membereskan segala sesuatunya hingga mesjid kembali rapi dan bersih seperti semula.
 

Adalah sebuah kerjasama yang luar biasa kompak, simbol dari kebersamaan seluruh warga yang hangat dan sangat mengesankan.

Selamat merayakan Idul Adha untuk seluruh umat Muslim, semoga keberkahan selalu menyertai langkah kita semua dalam beribadah dan berjuang untuk kebaikan bersama. (*)
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963