05 Juli 2024 | Dilihat: 167 Kali
PEMKOT SOLO MENDADAK TUNDA PELANTIKAN PEJABAT TANPA ALASAN, ASN KECELE
noeh21

Infoaktual.id Solo | Pemkot Solo mendadak tunda pelantikan pejabat, ASN kacele, begitu tulis solopos.com, menyusul penundaan pelantikan ASN Pemda yang dinahkodai Gibran Rakabuming Raka di Bale Tawangarum, kompleks Balai Kota Solo, Kamis (4/7/2024).

Sejatinya tambah media online itu, sejumlah pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pengawas dan pejabat fungsional telah menerima undangan pelantikan, Rabu sore 3/7/2024.

Para ASN (Aparatur Sipil Negara) yang sudah dapat undangan dijadwalkan dilantikan pukul 08.00 WIB. Namun karena sebab apa, tiba-tiba muncul pengumuman tunda sampai batas tidak ditentukan.

Pengumuman dengan surat yang diteken Sekda Solo, Budi Murtono itu diterima ASN sekitar pukul 08.00 WIB yang intinya meminta kepala OPD (organisasi perangkat daerah) memberitahukan kepara ASN bahwa pelantikan ditunda.

Menariknya, selain mendadak, isi surat itu Sekda Budi tidak menyebut alasan penundaan tersebut. Mendengar pemberitahuan itu, sejumlah ASN Kota Solo yang sudah bersiap di Bale Tawangarum pun akhirnya membubarkan diri.

Saat dipantau pukul 08.30 WIB, situasi kantor Wali Kota yang menyatu dengan gedung tempat rencana pelantikan tampak lengang. Demikian pula mobil dinas calon jadi wakil Presiden Gibran tidak ada.

Terhadap ini,  upaya konfirmasi ke Sekda Budi di kantornya tambah solopos.com, gagal.  Melalui stafnya, Sekda Kota Solo cuma mengarahkan ke Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Tidak hanya itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solo, Dwi Ariyatno juga belum dapat dikonfirmasi. Dwi menolak panggilan telepon, Whatsapp juga cuma menampilkan satu tanda centang.

Sebagaimana diketahui, kepala BKPSDM Dwi sebelumnya telah mengatakan pengisian jabatan dilingkungan Pemkot Solo sejak beberapa bulan terakhir disiapkan.

“Khususnya proses eselon II (kepala dinas, kepala badan, maupun asisten) ada mekanisme yang ditempuh, baik seleksi terbuka maupun rotasi mutase,” ujar Dwi pada 25/ Juni 2024 silam.  

Demikian halnya proses administrasi tambah Kepala BKPSDM, sudah diselesaikan dengan rekomendasi Komisi ASN di Jakarta.

Tapi baiklah, apapun itu, yang pasti gagalnya calon jadi wakil Presiden itu melantik aparaturnya di Solo tanpa alasan jelas itu
sisakan beragam spekulasi, mulai dari kepentingan politik kroni sampai sebab tuntutan keluarga sebagaimana sering terjadi dibeberapa Pemda di republik ini, hmmm. (athia)

 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : mandiri 1510005409963