12 Januari 2023 | Dilihat: 61 Kali
Ruly Rahadian : Ketahanan Media Dan Kemandirian Pers Adalah Keniscayaan Mutlak Di Jagat Digital
noeh21
Ketum Aswapi, Ruly Rahdian

Jakarta infoaktual.id | Ditemui di kantornya dibilangan Jakarta Selatan, Ruly Rahadian yang dikenal pemerhati perang asimetris dan pegiat media, kali ini bicara ketahanan media dan kemandirian Pers, dimana kini sudah jadi sebuah keniscayaan diera modern, khususnya di jagat digital.
                
"Idealnya, Pers harus mandiri dan objektif tanpa keberpihakan. Sedangkan kemandirian, itu tidak lepas dari ketahanan yang tentu menyangkut ekonomi, sosial, dan budaya, baik bagi Pers umumnya maupun para jurnalis secara personal" ujar Ruly mengawali.

Menurutnya, secara personal, kemandirian pers, lebih spesifik lagi seorang jurnalis masuk dalam tiga aspek tadi, yaitu ekonomi, sosial dan budaya.

Jika ketiganya lemah kata Ruly, maka jika dikaitkan dengan Panca Gatra yang terkandung dalam Sistem Ketahanan Nasional, maka aspek : Ideologi dan Politik sangat mungkin menyebabkan kemandirian Pers terganggu. Jurnalis yang lemah dalam tiga aspek tadi sangat rentan dipengaruhi pemangku kepentingan berada dalam kuadran ideologi dan Politik.

Dikatakan Ruly, situasi dunia yang sedang terguncang dengan beberapa kejadian, seperti Pandemi Covid-19, Perang Rusia-Ukraina dan lain sebagainya, menjadikan Indonesia target incaran berbagai negara di dunia untuk dikuasai sumber dayanya.

Yang jelas, ketahanan Media dan kemandirian Pers adalah keniscayaan mutlak di jagat digital ini. Karena itu, jika Pers tidak memahami dan memiliki ketahanan Media, jelas situasi negara ini akan menjadi kian rentan,” kata Ruly.

Disinilah pentingnya ketahanan Media lanjutnya, sebagai penyeimbang diantara arus informasi yang deras tanpa batas itu.

“Jika insan pers tidak memahami secara baik akan esensi ketahanan Media tersebut, maka peluang kita "kalah perang" dalam metoda menguasai sumber daya negara kita yang dilancarkan secara asimetris ini, akan tercapai." ungkapnya.

Ditambahkan Ruly, ketahanan Media dan kemandirian Pers harus ternam pada setiap jurnalis. Karena berita yang ditulisnya merupakan bentuk perwujudan ketahanan Media yang mengerucut kepada sistem ketahanan Nasional.

Ingat, ketahanan Nasional harus beriringan dengan komponen lain yang terkandung dalam Panca Gatra dan Tri Gatra, menjadi Asta Gatra.

"Jadi sangat jelas bahwa ketahanan Media sangat penting dalam dunia Pers. Apalagi, media-media daerah yang memiliki target reader dan konten berita yang lebih segmented,” tutur Ruly.

Diujung perhatiannya, Ruly menekankan target reader dan konten berita yang segmented itu membutuhkan pengawalan baik dari para jurnalisnya.

Sehingga, berita yang dihasilkan milki bobot ketahanan, dimana tentunya mencerdaskan dan mencerahkan pola pikir masyarakat. (sumber asli tintahukum/din).


 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

Jalan Anoa No 27 Palu  0822-960-501-77
E-Mail : Infoaktual17@yahoo.com
Rek : BCA 7920973498